11 Fase Penting Agar Anak Cepat Tumbuh dan Belajar Sesuai Usianya - Info Penting Seputar Anak
11 Fase Penting Agar Anak Cepat Tumbuh dan Belajar Sesuai Usianya

11 Fase Penting Agar Anak Cepat Tumbuh dan Belajar Sesuai Usianya

Share This

11 Tips Agar Tumbuh Kembang Anak Semakin Baik


Usia 5 bulan
Organ mata dan telinga Si Kecil akan mulai bekerja dan mengolah informasi. Bayi akan mulai bermain ludah dan mengeluarkan kata-kata sebagai ungkapannya untuk berkomunikasi. Ulangi kata-kata untuk mengajarkan bayi meniru Anda. Mulailah rutin membacakannnya buku, mengenalkannya pada objek bergerak dan berwarna.

Usia 6 bulan
Secepatnya bayi akan mulai belajar duduk dan bergerak kesana kemari. Bantu ia bergerak dengan bantuan perut dan pinggangnya. Letakkan mainan di lantai yang bersih untuk menstimuli ia mencapai mainan tersebut. Nah, karena pada usia ini anak akan mulai memasukkan semua benda ke mulitnya, pastikan mainan tersebut aman, higienis, dan berukuran besar agar tidak tertelan.

Usia 7 bulan
Keahlian tangan anak akan sangat berkembang di rentang usia 7 bulan. Latih sensor motoriknya dengan objek yang kecil untuk membawa, mengenggamnya sekaligus memeluknya. Biarkan ia membawa objek tersebut sembari mengetahui perkembangan kekuatan tulang  tangan dan kaki anak.

Usia 8 bulan
Saatnya mengajarkan anak melatih stimulinya saat berada di sebuah ruangan atau saat mendengar kata-kata. Mulailah bertanya pada anak, “Dimana hidung?” atau “Mana mata adek”? atau “Mana kuping kamu sayang?”. Biarkan anak mengenali setiap organ vitalnya sesuai nama, letak dan bentuknya sembari melatihnya mengingat.

Usia 9 bulan
Si Kecil akan mulai menyukai dan memilih objek yang disukainya. Hibur dia dengan membacakan buku, memberikan mainan bergambar yang bergerak, keranjang atau laci bersusun dari plastik, boks mainan lengkap dengan isi di dalamnya, atau permainan ketangkasan seperti memasukkan bola atau memilih bola warna-warni. Tujuannya, untuk menunjang perkembang kordinasi tangan, mata dan otak anak.

Usia 10 bulan
Pada usia ini, Si Kecil akan mulai menemukan kesenangan untuk mencari atau bersembunyi di sebuah sudut atau tempat favoritnya. Ajak ia bermain sembunyi dan mencari untuk membantu mengembangkan keahlian sensor motorik dengan objek yang permanen. Minta ia menemukan objek mainan yang Anda sudah bungkus, agar ia berusaha membukanya tanpa bantuan Anda.

Usia 11 bulan
Cobalah melatih anak belajar bahasa dengan segala jenis permainan dan lagu. Melatih kemampuan bahasa akan mengembangkan kemampuan interaksi anak dengan orang lainnya. Hindari pemanfaatan DVD atau TV yang lebih bersifat komunikasi satu arah. Ajak bayi mengobrol dan bermain lebih intens. Tanya apa yang sedang ia lakukan, terapkan bahasa tubuh yang lebih dramatik dan bersuara agar ia meresponnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages